Press "Enter" to skip to content

Banyak Tertundanya Jadwal Timnas Indonesia Akibat Pandemi Corona

Padat! Inilah Jadwal Timnas Indonesia pada Tahun 2020

Gara gara pandemi virus corona ada banyak kalender olahraga dan liga bola yang berantakan di tahun 2020. Tidak terkecuali sepakbola, dimana harus ditundanya hingga tahun depan beberapa turnamen sepakbola Internasional seperti Olimpiade Tokyo, Euro 2020, dan Copa America. Tetapi di semester kedua adanya beberapa event Internasional yang akan diikuti Timnas Indonesia baik dikelompok senior ataupun junior. 

Seharusnya pada bulan Maret lalu, Timnas Indonesia senior melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2020 di Qatar, dan sekaligus menjadi debut pelatih Shin Tae Yong asal Korea Selatan. Tetapi pandemic COVID-19 terjadi di berbagai belahan dunia. 

Tertundanya dua laga yaitu dalam menghadapi Thailand (tandang), serta Uni Emirat Arab (Kandang). FIFA diyakini akan merubah jadwal tersebut pada bulan Oktober mendatang. Dan satu lagi sisanya melawan Vietnam (tandang) direncanakan akan digelar pada bulan November mendatang. 

Meski skuat Garuda Muda sudah menelan lima kali kekalahan di Grup D, tetapi mereka harus tetap berusaha mengejar posisi terbaik untuk bisa lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut dibawah ini jadwal bola Indonesia untuk Timnas Senior yang merupakan lanjutan kualifikasi Qatar 2022 :

  • Thailand vs Timnas Indonesia, 8 Oktober 2020
  • Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab, 13 Oktober 2020.
  • Vietnam vs Timnas Indonesia, 12 November 2020.

Timnas Indonesia juga dijadwalkan pada tanggal 23 November hingga 31 Desember akan menunjukkan penampilannya di  ajang Piala AFF 2020. Tetapi seperti yang diketahui sejatinya Piala AFF 2020 secara resmi diundur ke 2021. Kepastian penundaan Piala AFF tersebut disampaikan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) secara langsung pada Kamis sore (30 Juli 2020). Penundaan Piala AFF 2020 tersebut didasarkan pada semakin memburuknya situasi akibat pandemi virus corona yang sedang melanda dunia saat ini. 

Ditundanya Piala AFF 2020 atau kompetisi sepak bola antar negara wilayah Asia Tenggara dianggap memberi keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia. Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Nadeo Argawinata selaku penjaga gawang Timnas Indonesia. Pasalnya dengan ditundanya kompetisi tersebut membuat semakin lamanya persiapan yang bisa dilakukan skuad Garuda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *