Press "Enter" to skip to content

5 BUMBU KOREA YANG ADA PADA MAKANAN KOREA

Resep Ayam Gochujang, Masakan Korea Selatan yang Banyak Penggemarnya

Makanan korea kini menjadi makanan asing yang sedang populer di Indonesia. Beberapa restoran dan kedai sekarang menyediakan menu makanan korea dan tidak hanya berada di kota besar saja, kota-kota kecilpun disajikan beberapa menu khas Korea. Berbagai menu korea yang sangat nikmat serta tempat makan yang bergaya ala Korea menjadi alasan pelanggan ingin berkunjung ke tempat makan tersebut.

Beberapa restoran atau kedai makanan khas korea selalu penuh dikunjungi oleh penggemar makanan Korea karena mereka sebagian ingin mencoba makanan khas korea yang selalu ada pada serial drama Korea. Beberapa makanan tersebut yaitu Tteobokki, kimchi, bibimbap dan masih banyak lagi. makanan korea tersebut memiliki citarasa yang unik dan rata-rata pedas. Nah pasti kamu penasarankan bumbu apa saja yang biasanya digunakan oleh makanan khas Korea? Untuk itu kami akan berikan Informasinya. Simak dibawah ini!

1. Gochugaru ( Bubuk Cabai )

Bumbu makanan Korea pertama yaitu Gochugaru. Bumbu sangat pedas dan berwarna merah yang berasal dari Korea ini sering digunakan pada beberapa masakan Korea. Bumbu ini terbuat dari cabai yang dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Setelah kering, cabai ini digiling hingga menjadi serpihan bubuk. Namun terkadang ada yang mengeringkan menggunakan oven atau mesin. Bubuk cabai ini selalu digunakan pada masakan pedas seperti tteokbokki, jjigaem salad dan kimchi. Tentunya semua makanan ini memberikan rasa pedas yang luar biasa.

2. Gochujang ( Pasta Cabai )

Bumbu khas Korea selanjutnya yaitu Gochujang. Bumbu masakan Korea ini berbahan dasar seperti Gochugaru. Pasta cabai ini terbuat dari bubuk cabai dengan tepung beras ketan, bubuk kedelai fermentasi, bubuk malt, garam dan air. Setelah semua bahan tersebut dicampur maka selanjutnya difermentasikan selama beberapa bulan. Gochujang ini memiliki rasa pedas sedikit manis dan selalu digunakan dalam pembuatan bahan makanan seperti tteokbokki, bibimbap, dakgalbi, samgyeopsal, aneka jjigae (sup), bulgogi, dan lain sebagainya

3. Doenjang ( Pasta Kedelai )

Bumbu khas Korea selanjutnya yaitu Doenjang. Bumbu ini terbuat dari kacang kedelai yang diproses secara fermentasi dalam waktu yang lama. Semakin lama makan rasanya akan kuat dan bumbu ini tidak akan busuk. Warna bumbu pasta ini tidak terlalu pekat. Bumbu masakan ini selalu digunakn pada campuran sup seperti jjigae karena memiliki aroma seperti miso yang manis dan gurih. Dan juga bumbu ini selalu digunakan saat BBQ untuk mencelupkan daging atau ikan sebelum dibakar karena dapat menghilangkan bau amis.

4. Ssamjang ( Saus Pedas )

Bumbu Korea selanjutnya yaitu Ssamjang. Bumbu masakan ini sangat pedas dan sering digunakan sebagai dipping sauce atau saus pencelup daging sebelum dibakar. Saus pedas ini memiliki rasa yang pedas yang terbuat dari bahan campuran doenjang, gochujang, minyak wijen, bawang putih dan gula. Ssamjang ini biasa digunakan sebagai saus pelengkap pada bibimbap.

5. Chunjang ( Pasta Kedelai Hitam )

Bumbu khas Korea selanjutnya yaitu Chunjang. Bumbu ini terbuat dari kedelai hitam dan selalu digunakan sebagai makanan jjangmeyon atau mie kacang hitam. Bumbu khas Korea ini terbuat dari kedelai hitam, caramel dan tepung lalu difermentasi selama beberapa minggu. Bumbu ini menghasilkan rasa asin, manis dan sedikit agak pahit. Pasta ini harus dimasak dengan benar agar dapat menghasilkan rasa yang lezat.

Itulah beberapa bumbu Khas Korea yang selalu disajikan dalam makanan Korea. Nah kamu mau buat makanan Korea apa nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *